Laman

Selasa, 14 November 2017

Perkembangan Peserta Didik

1.      Pengertian Individu
Peserta didik sebagai individu memiliki karakteristik yang berbeda dengan peserta didik lainnya.
2.      Keragaman Karakteristik Individu
a.       Kemampuan awal seperti kemampuan intelektual, kemampuan berpikir dan hal-hal yang berhubungan dengan aspek psikomotor.
b.      Latar belakang dan status sosio-kultural.
c.       Perbedaan-perbedaan kepribadian, seperti perasaan, sikap, minat, dan sebagainya
3.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adanya Keragaman Individual
a.       Nature ; karakteristik individu yang dibawa sejak lahir (diwariskan dari keturunan).
b.      Nurture ; karakteristik individu sejak dari masa pembuahan sampai selanjutnya (pemeliharaan, pengasuhan).
4.      Makna Perkembangan Individu
Perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksinya dengan lingkungan.
5.      Tahapan Perkembangan
a.       Pra sekolah          : 0 – 6 tahun
b.      Sekolah dasar      : 6 – 12 tahun
1)     Kelas rendah : 6/7 – 9/10 tahun
-          Ada hubungan positif antara jasmani dan prestasi
-          Mematuhi peraturan permainan tradisional
-          Memuji diri sendiri
-          Membandingkan dirinya dengan orang lain
-          Bila ada soal yang tidak terselesaikan, maka anak akan mengabaikannya karena menganggap hal itu tidak penting
-          Menginginkan nilai yang baik tanpa memikirkan kepantasannya
2)     Kelas tinggi    : 9/10 – 12/13 tahun
-          Memiliki minat kehidupan praktis/konkrit
-          Realistik, ingin tahu, dan ingin belajar
-          Menonjolnya bakat-bakat khusus
-          Berusaha menyelesaikan tugas-tugas dengan bebas
-          Memandang nilai sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajar
-          Senang membentuk kelompok sebaya agar dapat bermain bersama-sama
3)     Masa poeral (keserasian bersekolah)
-          Diarahkan untuk berkuasa
-          Ekstraversi ; berorientasi keluar dirinya, misalnya mencari teman sebaya
c.       Sekolah menengah          : 12 – 18 tahun
d.      Mahasiswa                       : 18 – 25 tahun
6.      Prinsip-Prinsip Perkembangan dan Implikasinya terhadap Pendidikan
a.       Pembawaan (heredity), Lingkungan (environment), dan Kematangan (time)
Berikan contoh-contoh konkrit yang sesuai dengan taraf pemahaman dan pengalaman yang sudah dimiliki peserta didik.

b.      Berlangsung secara bertahap
1)     Progresif ; maju/meningkat
2)     Sistematik ; suatu kesatuan yang utuh
3)     Berkesinambungan ; beraturan dan berurutan, serta tidak meloncat-loncat
c.       Variasi dalam tempo dan irama
d.      Awalnya bersifat diferensiasi dan pada akhirnya bersifat integrasi
7.      Tugas-Tugas Perkembangan Akhir Masa Kanak-Kanak
a.       Mempelajari keterampilan fisik
b.      Membangun sikap hidup sehat
c.       Belajar bergaul dan bekerjasama
d.      Mulai belajar menjalankan peranan sosial
e.       Mempelajari keterampilan dasar (membaca, menulis dan berhitung)
f.        Mengembangkan konsep untuk kehidupan sehari-hari
g.       Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan nilai-nilai
h.      Mempelajari sikap terhadap kelompok sosial dan lembaga
i.         Mencapai kemandirian pribadi
8.      Identifikasi Keragaman Karakteristik Peserta Didik
a.       Pelajari dan pahami tugas-tugas perkembangan masa akhir kanak-kanak
b.      Lakukan observasi
c.       Lakukan wawancara
d.      Menggunakan angket atau inventori
e.       Menggunakan analisis prestasi belajar, tugas, dan karya peserta didik
f.        Informasi dari orangtua dan teman peserta didik
g.       Analisis dan buat catatan
h.      Buat langkah pengembangan, pemecahan masalah dan tindak lanjut
9.      Implementasi dalam Pembeajaran
a.       Pahami karakteristik perilaku dan kemampuan anak pada tahap perkembangan usia sekolah
b.      Rancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman karakteristik peserta didik
c.       Pahami bahwa setiap individu berbeda satu dengan yang lain
d.      Ciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif bagi pertumbuhan pribadi peserta didik
e.       Bimbing peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan dan kemampuan
f.        Laksanakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik belajar bergaul, bekerjasama dan nilai-nilai moral
g.   Beri peserta didik motivasi agar melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran anda sangat kami harapkan.