Laman

Sabtu, 28 Oktober 2017

Cara merumuskan Indikator yang baik

BAGAIMANA MERUMUSKAN INDIKATOR YANG BAIK?

Selamat pagi rekan guru se-Gugus V Bojongkalong, kali ini saya akan membagi ilmu mengenai cara merumuskan indikator pembelajaran dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Langsung saja simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.
Indikator dalam sebuah RPP merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Indikator tersebut ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Indikator dalam RPP dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diobservasi.
Kata Kerja Operasional (KKO) dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh dan dari konkret ke abstrak.
Dalam merumuskan indikator pembelajaran seorang guru memerlukan daftar KKO yang dapat digunakan baik dalam aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan).

A.     Aspek Kognitif
No.
Kompetensi
Indikator Kompetensi
1.
Pengetahuan : C1
Mengutip, menyebutkan, menjelaskan, menggambar, membilang, mengidentifikasi, mendaftar, menunjukkan, memberi label, memberi indeks, memasangkan, menamai, menandai, membaca, menyadari, menghafal, meniru, mencatat, mengulang, memproduksi, meninjau, memilih, menyatakan, mempelajari, mentabulasi, memberi kode, menelusuri dan menulis.
2.
Pemahaman : C2
Memperkirakan, menjelaskan, mengkatagorikan, mencirikan, merinci, mengasosiasikan, membandingkan, menghitung, mengkrontraskan, mengubah, mempertahankan, menguraikan, menjalin, membedakan, mendiskusikan, menggali, mencontohkan, menerangkan, mengemukakan, mempolakan, memperluas, menyimpulkan, meramalkan, merangkum dan menjabarkan.
3.
Penerapan : C3
Menugaskan, mengurutkan, menentukan, menerapkan, menyesuaikan, mengkalkulasi, memodifikasi, mengklasifikasi, menghitung, membangun, membiasakan, mencegah, menentukan, menggambarkan, menggunakan, menilai, melatih, menggali, mengemukakan, mengadaptasi, menyelidiki, mengoperasikan, mempersoalkan, mengkonsepkan, melaksanakan, meramalkan, memproduksi, memproses, mengaitkan, menyusun, mensimulasikan, memecahkan, melakukan, dan mentabulasi.
4.
Analisis : C4
Menganalisis, Mengaudit, memecahkan, menegaskan, mendeteksi, mendiagnosis, mendeteksi, merinci, menominasikan, mendiagramkan, mengkorelasikan, merasionalkan, menguji, mencerahkan, menjelajah, membagankan, menyimpulkan, menemukan, menelaah, memaksimalkan, memerintahkan, mengedit, mengaitkan, memilih, mengukur, melatih, dan mentansfer.
5.
Sintesis : C5
Mengabstraksi, mengatur, menganimasi, mengumpulkan, mengkategorikan, mengkode, mengkombinasikan, menyusun, mengarang, membangun, menanggulangi, menghubungkan, menciptakan, mengkreasikan, mengoreksi, merancang, merencanakan, mendikte, mengingatkan, memperjelas, memfasilitasi, membentuk, merumuskan, menggeneralisasi, menggabungkan, memadukan, membatas, mereparasi, menampilkan, menyiapkan, memproduksi, merangkum, dan merekonstruksi.
6.
Penilaian : C6
Membandingkan, menyimpulkan, menilai, mengarahkan, mengkritik, menimbang, memutuskan, memisahkan, memprediksi, memperjelas, menugaskan, menafsirkan, mempertahankan, merinci, mengukur, merangkum, membuktikan, memvalidasi, mengetes, mendukung, memilih, dan memproyeksikan.

B.     Asepk Afektif
No.
Kompetensi
Indikator Kompetensi
1.
Menerima
Memilih, mempertanyakan, mengikuti, memberi, menganut, mematuhi, dan meminati.
2.
Menanggapi
Menjawab, membantu, mengajukan, mengompromikan, menyenangi, menyambut, mendukung, menyetujui, menampilkan, melaporkan, memilih, mengatakan, memilah, dan menolak.
3.
Menilai
Mengasumsikan, meyakini, melengkapi, meyakinkan, memperjelas, memprakarsai, mengimani, mengundang, menggabungkan, mengusulkan, menekankan, dan menymbang.
4.
Mengelola
Menganut, mengubah, menata, mengklasifikasikan, mengombinasikan, mempertahankan, membangun, membentuk, mendapat, memadukan, mengelola, menegosiasi, dan merembuk.
5.
Menghayati
Mengubah perilaku, berahlak mulia, mempengaruhi, mendengarkan, mengkualifikasi, melayani, menunjukkan, membuktikan, dan memecahkan.

C.     Aspek Psikomotor
No.
Kompetensi
Indikator Kompetensi
1.
Menirukan
Mengaktifkan, menyesuaikan, menggabungkan, malamar, mengatur, mengumpulkan, menimbang, memperkecil, membangun, mengubah, membersihkan, memposisikan, dan mengonstruksi.
2.
Memanipulasi
Mengoreksi, mendemontrasikan, merancang, memilah, melatih, memperbaiki, mengidentifikasikan, mengisi, menempatkan, membuat, memanipulasi, mereparasi, dan mencampur.
3.
Pengamaliahan
Mengalihkan, menggantikan, memutar, mengirim, memindahkan, mendorong, menarik, memproduksi, mencampur, mengoperasikan, mengemas, dan membungkus.
4.
Artikulasi
Mengalihkan, mempertajam, membentuk, memadankan, menggunakan, memulai, menyetir, menjeniskan, menempel, menseketsa, melonggarkan, dan menimbang.

Itulah sekilas mengenai cara merumuskan indikator pembelajaran yang dapat saya bagikan informasinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan buletin ini dan kritik saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan.

Sumber :

https://taufikhidayat93.blogspot.co.id/2015/04/cara-membuat-indikator-pembelajaran.html

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran anda sangat kami harapkan.