BAGAIMANA MERUMUSKAN
INDIKATOR YANG BAIK?
Selamat
pagi rekan guru se-Gugus V Bojongkalong, kali ini saya akan membagi ilmu
mengenai cara merumuskan indikator pembelajaran dalam membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Langsung saja simak penjelasan di bawah ini
dengan seksama.
Indikator
dalam sebuah RPP merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Indikator
tersebut ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
Indikator
digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Indikator dalam RPP
dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diobservasi.
Kata
Kerja Operasional (KKO) dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar,
sederhana ke kompleks, dekat ke jauh dan dari konkret ke abstrak.
Dalam
merumuskan indikator pembelajaran seorang guru memerlukan daftar KKO yang dapat
digunakan baik dalam aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan
psikomotor (keterampilan).
A.
Aspek
Kognitif
No.
|
Kompetensi
|
Indikator Kompetensi
|
1.
|
Pengetahuan
: C1
|
Mengutip,
menyebutkan, menjelaskan, menggambar, membilang, mengidentifikasi, mendaftar,
menunjukkan, memberi label, memberi indeks, memasangkan, menamai, menandai, membaca,
menyadari, menghafal, meniru, mencatat, mengulang, memproduksi, meninjau,
memilih, menyatakan, mempelajari, mentabulasi, memberi kode, menelusuri dan
menulis.
|
2.
|
Pemahaman
: C2
|
Memperkirakan,
menjelaskan, mengkatagorikan, mencirikan, merinci, mengasosiasikan,
membandingkan, menghitung, mengkrontraskan, mengubah, mempertahankan,
menguraikan, menjalin, membedakan, mendiskusikan, menggali, mencontohkan,
menerangkan, mengemukakan, mempolakan, memperluas, menyimpulkan, meramalkan,
merangkum dan menjabarkan.
|
3.
|
Penerapan
: C3
|
Menugaskan,
mengurutkan, menentukan, menerapkan, menyesuaikan, mengkalkulasi,
memodifikasi, mengklasifikasi, menghitung, membangun, membiasakan, mencegah,
menentukan, menggambarkan, menggunakan, menilai, melatih, menggali,
mengemukakan, mengadaptasi, menyelidiki, mengoperasikan, mempersoalkan,
mengkonsepkan, melaksanakan, meramalkan, memproduksi, memproses, mengaitkan,
menyusun, mensimulasikan, memecahkan, melakukan, dan mentabulasi.
|
4.
|
Analisis
: C4
|
Menganalisis,
Mengaudit, memecahkan, menegaskan, mendeteksi, mendiagnosis, mendeteksi,
merinci, menominasikan, mendiagramkan, mengkorelasikan, merasionalkan,
menguji, mencerahkan, menjelajah, membagankan, menyimpulkan, menemukan,
menelaah, memaksimalkan, memerintahkan, mengedit, mengaitkan, memilih, mengukur,
melatih, dan mentansfer.
|
5.
|
Sintesis
: C5
|
Mengabstraksi,
mengatur, menganimasi, mengumpulkan, mengkategorikan, mengkode,
mengkombinasikan, menyusun, mengarang, membangun, menanggulangi,
menghubungkan, menciptakan, mengkreasikan, mengoreksi, merancang,
merencanakan, mendikte, mengingatkan, memperjelas, memfasilitasi, membentuk,
merumuskan, menggeneralisasi, menggabungkan, memadukan, membatas, mereparasi,
menampilkan, menyiapkan, memproduksi, merangkum, dan merekonstruksi.
|
6.
|
Penilaian
: C6
|
Membandingkan,
menyimpulkan, menilai, mengarahkan, mengkritik, menimbang, memutuskan,
memisahkan, memprediksi, memperjelas, menugaskan, menafsirkan,
mempertahankan, merinci, mengukur, merangkum, membuktikan, memvalidasi,
mengetes, mendukung, memilih, dan memproyeksikan.
|
B.
Asepk
Afektif
No.
|
Kompetensi
|
Indikator Kompetensi
|
1.
|
Menerima
|
Memilih,
mempertanyakan, mengikuti, memberi, menganut, mematuhi, dan meminati.
|
2.
|
Menanggapi
|
Menjawab,
membantu, mengajukan, mengompromikan, menyenangi, menyambut, mendukung, menyetujui,
menampilkan, melaporkan, memilih, mengatakan, memilah, dan menolak.
|
3.
|
Menilai
|
Mengasumsikan,
meyakini, melengkapi, meyakinkan, memperjelas, memprakarsai, mengimani,
mengundang, menggabungkan, mengusulkan, menekankan, dan menymbang.
|
4.
|
Mengelola
|
Menganut,
mengubah, menata, mengklasifikasikan, mengombinasikan, mempertahankan,
membangun, membentuk, mendapat, memadukan, mengelola, menegosiasi, dan
merembuk.
|
5.
|
Menghayati
|
Mengubah
perilaku, berahlak mulia, mempengaruhi, mendengarkan, mengkualifikasi,
melayani, menunjukkan, membuktikan, dan memecahkan.
|
C.
Aspek
Psikomotor
No.
|
Kompetensi
|
Indikator Kompetensi
|
1.
|
Menirukan
|
Mengaktifkan,
menyesuaikan, menggabungkan, malamar, mengatur, mengumpulkan, menimbang,
memperkecil, membangun, mengubah, membersihkan, memposisikan, dan
mengonstruksi.
|
2.
|
Memanipulasi
|
Mengoreksi,
mendemontrasikan, merancang, memilah, melatih, memperbaiki,
mengidentifikasikan, mengisi, menempatkan, membuat, memanipulasi, mereparasi,
dan mencampur.
|
3.
|
Pengamaliahan
|
Mengalihkan,
menggantikan, memutar, mengirim, memindahkan, mendorong, menarik,
memproduksi, mencampur, mengoperasikan, mengemas, dan membungkus.
|
4.
|
Artikulasi
|
Mengalihkan,
mempertajam, membentuk, memadankan, menggunakan, memulai, menyetir,
menjeniskan, menempel, menseketsa, melonggarkan, dan menimbang.
|
Itulah sekilas
mengenai cara merumuskan indikator pembelajaran yang dapat saya bagikan
informasinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan buletin ini dan
kritik saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan.
Sumber :
https://taufikhidayat93.blogspot.co.id/2015/04/cara-membuat-indikator-pembelajaran.html






0 komentar:
Posting Komentar
Kritik dan saran anda sangat kami harapkan.